KAfein dan Hemoglobin

Piala dunia ya, emang bikin semua orang ikutan demam piala dunia, dan sekarang midha yang ikutan ‘demam’ beneran. Karena piala dunia, ngerelain ganti jadwal tidur jadi pagi, dan malemnya pul begadang. Membiasakan g tidur malem g bisa gitu aja. Alhasil mesti konsumsi kafein setiap malem. Sehari dua hari, g masalah, belum ada keluhan. Seminggu kemudian, maag mulai kambuh & kerasa mual luar biasa setiap abis minum kopi. Tapi masih dilanjutin minum, Cuma disiasati aja ama ngemil biskuit biar g kerasa laper. Dua minggu kemudian, bener-bener tepar, hehe..

Akhir pekan minggu kedua malemnya g tidur, & paginya mesti ikut acara keluarga di Jakarta. Bener-bener g tidur,g sarapan, & naik kendaraan. Cuma ngerasa sedikit mual, mungkin masuk angin. Sampai rumah pun tidur, persiapan buat senin pagi mesti ke bogor ketemu pembimbing. Tapi buka mata aja rasanya berat banget, padahal temen satu bimbingan udah sms nanyain midha dimana (map ye ndro…), jangankan ngebales sms, buka hp rasanya kepala nyut2an luar biasa. 3 hari kemudian kondisi tetep sama, mulai menggigil tiap malam, mual tambah parah, ditambah diare & pusing yang tambah dahsyat. Paling kerasa setelah bangun dari sujud, wuiih….itu kepala rasanya ky dipukul2 pake palu (ky iklannya choki J), bikin g khusyu sholat. Tapi nonton bola jalan teruuuus…^^v

Setelah dipaksa terus buat ke rumah sakit, jum’at pagi baru luluh (g tahan ama obatnya yang super bau). Pertama si ibu dokter ngecek tensi darah, & ternyata eh ternyata, darah midha udah normal, padahal sebelum-sebelumnya klo ngecek tensi darah pasti rendah. Setelah googling, ternyata kafein itu bisa meningkatkan tekanan darah. Jadi klo ngerasa darah rendah, konsumsi aje kafein. Tapi bahayanya luar biasa banyak. Sedikit sharing ama si ibu dokter, ternyata kafein itu bisa menghambat penyerapan kalsium/zat besi yang kita peroleh dari makanan. Akibatnya apa klo kita g bisa dapat kalsium? Kalsium adalah salah satu zat yang berguna untuk pembentukan sel darah merah (Hb), klo kalsiumnya aja kurang y berarti sel darah merah juga kurang atau yang biasa disebut anemia. Gejala anemia ini emang midha rasain se, kaya pusing berdenyut-denyut klo baru bangun dari duduk-berdiri, jongkok-berdiri, sujud-duduk, gampang lelah, pucat, lemas, dll.

Setelah tau penyebab penyakit midha itu apa, mulailah nyari penambah darah yang paling cepet. Hal pertama yang perlu diperhatikan, jangan lagi mengkonsumsi kafein. Kedua, mulai mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, misalnya : bayam, hati ayam, daging ayam, telur, kacang2an, dll. Kenapa g langsung konsumsi obat penambah darah? Karena saya g suka obat, dan satu lagi yang penting, harganya mahal cuy….hehe g cocok ama kantong mahasiswa yang belum berpenghasilan.

Sekarang tinggal menunggu masa penyembuhan, meski mulut masih pahit luar biasa & g nafsu makan tapi tetep harus diisi ini perut. Klo g tambah parah maagnya. Tetep sehat buat final pertandingan piala dunia dua malem nanti. Hehe….& yang lebih penting skripsi yang udah hampir seminggu g dilirik bisa selesai sesuai target. FIGHTING!!!

\"IPB" alt="Share"/>

Kerjasama Yahoo-Pesbuk

Agaknya situs jejaring sosial pesbuk udah mulai bikin resah yahoo yang usianya udah lebih sesepuh dibanding pesbuk. Yahoo sebagai portal web popoler (yang emang g bisa dibandingin ama Google) mulai meningkatkan kerjasamanya dengan situs jejaring sosial tersebut dengan mengintegrasikan berbagai fiturnya ke layanan pesbuk. Semisal ky : Update plurk–>Twitter ato Plurk–>pesbuk. Mungkin itu salah satu fitur yang bakalan diperkenalkan Yahoo, g tau lah fitur apalagi yang bakalan berguna.

Denger-denger beritanya seh Yahoo punya tujuan buat mengurangi popularitas Pesbuk, jadi kan banyak pengguna pesbuk yang bakalan beralih membuka Yahoo untuk melihat layanan Pesbuk (ini klo fiturnya berhasil menarik kenyamanan pengguna).

Pernah nyobain Update status di Yahoo? hmm..agaknya kurang menarik (kenapa? karena g ada yg ngerespon ato komentar, hehe…sepi!) ato nge-BUZZ nge-BUZZ di gmail? itu juga dikit yang respon (ada dua kemungkinan seh, g ada yg ngikutin tuh BUZZ milik lo ato emang lo kurang populer dikalangan BUZZER yang lo ikutin). Intinya situs jejaring sosial bakalan menarik banget klo ada yang ngerespon/komentar, atau bisa ngerespon/ngomentarin orang dan dibalezlah ama si empunya status. Timbal balik gitulah, klo itu aja g ada, yaah…mending ngemail dosen pembimbing yang super sibuk dah, meski lama dibalez yang penting ada respon :p

\"IPB" alt="Share"/>

Software Usability Measurement Inventory

Sekilas lihat skripsi kakak kelas yang topiknya mengenai evaluasi usability pada situs yang baru dirancangnya. Dari penjelasan panjang lebar dalam skripsinya itu, metode evaluasinya menggunakan software usability measurement inventory atau yang lebih dikenal kuesioner SUMI. kuesioner itu bisa didonlot secara gratis di web sumi http://sumi.ucc.ie

Mulailah saya mencari tahu mengenai SUMI ini, dan berkunjung ke situsnya. Seluruh web sudah terjelajah, dan gak pernah ada kata donlot gratis untuk web ini. Lebih mirip sebagai konsultasi ke ahli yang setiap laporannya seharga $2,500. wooah….cukup mahal untuk sebuah laporan, alhasil yang tadinya udah kepincut mau ngevaluasi sistem yang juga baru dibikin baut skripsi jadi gatot lah,

agaknya lebih baik bikin sendiri dan coba lihat dari contoh yang udah ada,

\"IPB" alt="Share"/>
IPB Badge
IPB Badge
Calendrier
Maret 2017
S S R K J S M
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031